Tentang Program Studi
TENTANG PROGRAM STUDI MANAJEMEN
A. VISI, MISI DAN TUJUAN
VISI: “Menjadi Program studi yang unggul, inovatif dan profesional dalam pengembangan ilmu manajemen dan bisnis”.
MISI:
- Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pengajaran ilmu manajemen bisnis guna mencapai keunggulan akademik agar menghasilkan tenaga professional dengan menekankan pada kompetensi, melek teknologi, beretika dan memiliki tanggung jawab sosial.
- Mengembangkan dan menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang handal, memiliki kualifikasi akademik yang beretika dan bermartabat serta mampu mengembangkan jaringan kerjasama yang berkelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industry, memilikia daya saing global agar mampu merespon perubahan.
- Mengembangkan karakter mahasiswa berjiwa wirausaha yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup, menjadi mitra bagi pelaku bisnis dan publik serta mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis sebagai wujud pengabdian dan tanggung jawab
TUJUAN:
- Menghasilkan lulusan yang professional, berintegritas, beretika, dan berjiwa wirausaha serta mampu berkompetisi secara global.
- Meningkatkan kualitas belajar mengajar di bidang ilmu manajemen sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang ilmu manajemen berbasis kearifan lokal dan berwawasan global (berpikir Global, bertindak Lokal).
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu manajemen yang adaptif dan aplikatif sesuai dengan dinamika lingkungan.
- Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan bangga menjadi bagian Program Studi Manajemen FE Unima
B. PROFIL
Lulusan program studi Manajemen memiliki kualifikasi Sarjana Ekonomi yang memiliki kemampuan manajerial bisnis, mampu mengaplikasikan ilmu manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia yang berwawasan global dan berjiwa wirausaha dengan menjunjung tinggi nilai moral dan etika mulia di tempatnya bekerja.
C. KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi yang harus dimiliki sarjana manajemen lulusan Jurusan Manajemen:
- Menunjukkan sikap dan perilaku sebagai pribadi yang beretika, berhati nurani mulia serta memiliki semangat berwirausaha.
- Memiliki kemamapuan Manajerial dan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan bisnis dalam bidang manajemen pemasaran, keuangan, operasi dan sumber daya manusia.
- Memiliki intelektual yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah bidang manajemen dan bisnis.
- Menguasai dan mampu memanfaatkan teknologi Informasi untuk pengambilan keputusan manajemen.
- Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan manajemen dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
- Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan lebih khusus ilmu manajemen sesuai dengan keahlian
D. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
PENGETAHUAN
- Menguasai konsep dasar teori ekonomi dan teori manajemen bisnis serta memiliki kemampuan profesioal.
- Memahami konsep teori, prinsip dan berbagai implementasi dalam bidang manajemen sumber daya manusia, pemasaran, dan keuangan
- Memahami konsep untuk implementasinya dalam pekerjaan serta dan pemecahan masalah dalam bisnis
- Menguasai konsep ilmu manajemen untuk pengembangan hidup dan karakter
- Menguasai konsep teori dan manfaat ilmu manajemen untuk mengembangkan penelitian dibidang menajemen serta tanggung jawab social
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu mengelola dan menjalankan bisnis yang sudah berjalan maupun bisnis baru (startup) dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki serta secara terus menerus mengembangkan dan mengupdatenya.
- Memiliki kemampuan bekerja, dan berkarya serta melakukan riset sederhana dalam bidang sumberdaya manusia, pemasaran, dan keuangan
- Memiliki kemampuan melakukan analisa untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah bisnis dengan menggunakan metode ilmiah berdasar konsep teori manajemen
- Mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan membuat rencana bisnis dan studi kelayakannya.
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, untuk membangun hubungan personal yang efektif dengan berbagai saluran komunikasi
Kurikulum Bidang Studi
KURIKULUM MANAJEMEN
Kelompok MK
|
Urut
|
Kode MK
|
Nama Mata Kuliah
|
SKS
|
MKWU
(MK Wajib Umum)
|
MATA KULIAH WAJIB UMUM
|
|
1
|
7212101
|
Pancasila
|
2
|
2
|
7212102
|
Pedidikan Agama
|
2
|
3
|
7212203
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
4
|
7212104
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
|
|
TOTAL MKWU
|
8
|
MKU
(MK Universitas)
|
MATA KULIAH UNIVERSITAS
|
|
5
|
7222505
|
Mapalus Dalam Perspektif Global
|
2
|
6
|
7222206
|
Bahasa Inggris
|
2
|
7
|
7223207
|
Teknologi Informatika Dan Komunikasi
|
2
|
|
|
|
TOTAL MKU
|
6
|
|
MATA KULIAH FAKULTAS
|
|
MKF
|
8
|
7234208
|
Ekonomi Kreatif
|
4
|
|
|
TOTAL MK FAKULTAS
|
4
|
|
MATA KULIAH PROGRAM STUDI (MKPS)
|
|
|
|
1. MKBS (MATA KULIAH BIDANG STUDI)
|
|
MKBS
|
9
|
7243109
|
Pengantar Ilmu Ekonomi
|
3
|
10
|
7243110
|
Pengantar Manajemen
|
3
|
11
|
7243111
|
Pengantar Bisnis
|
3
|
12
|
7243112
|
Pengantar Akuntansi
|
3
|
13
|
7243113
|
Matematika Bisnis
|
3
|
14
|
7243214
|
Statistik Bisnis
|
3
|
15
|
7242415
|
Etika Bisnis
|
2
|
16
|
7243316
|
Kewirausahaan
|
3
|
17
|
7242217
|
Hukum Bisnis
|
2
|
18
|
7243218
|
Teori Ekonomi Mikro
|
3
|
19
|
7243219
|
Teori Ekonomi Makro
|
3
|
20
|
7243320
|
Kebanksentralan
|
3
|
21
|
7242321
|
Perekonomian Indonesia
|
2
|
22
|
7242422
|
Komunikasi Bisnis
|
2
|
23
|
7243323
|
Manajemen Keuangan
|
3
|
24
|
7243324
|
Manajemen Pemasaran
|
3
|
25
|
7243325
|
Manajemen SDM
|
3
|
26
|
7243326
|
Manajemen Operasi
|
3
|
27
|
7243527
|
Aplikasi Komputer Bisnis
|
3
|
28
|
7243428
|
Manajemen Perbankan
|
3
|
29
|
7243329
|
Bisnis Internasional
|
3
|
30
|
7243530
|
Rencana Bisnis
|
3
|
31
|
7242431
|
Manajemen Mutu Terpadu
|
2
|
32
|
7243432
|
Teori Pengambilan Keputusan
|
3
|
33
|
7242433
|
Perilaku Organisasi
|
2
|
34
|
7243434
|
Sistem Informasi Manajemen
|
3
|
35
|
7242435
|
PKLH
|
2
|
36
|
7243536
|
Penganggaran Perusahaan
|
3
|
37
|
7243437
|
Manajemen Strategik
|
3
|
38
|
7243538
|
Manajemen Pariwisata
|
3
|
39
|
7243539
|
Pasar Uang & Pasar Modal
|
3
|
40
|
7242740
|
Manajemen Resiko
|
2
|
41
|
7243541
|
Studi Kelayakan Bisnis
|
3
|
42
|
7243642
|
Metode Penelitian
|
3
|
43
|
7243743
|
Bisnis Digital
|
3
|
44
|
7244644
|
Magang
|
4
|
45
|
7241745
|
PKL
|
1
|
46
|
7244746
|
KKN
|
4
|
47
|
7246847
|
Skripsi
|
6
|
|
|
Total MKBS
|
112
|
|
|
|
MKK (Mata Kuliah Keahlian) 9 SKS
|
|
MKK
|
|
|
Konsentarsi MSDM
|
|
48
|
7243648
|
Seminar Manajemen SDM
|
3
|
49
|
7243649
|
Manajemen SDM Internasional
|
3
|
50
|
7243650
|
MSDM Lanjutan
|
3
|
|
|
Konsentrasi Manajemen Keuangan
|
|
51
|
7243651
|
Seminar Manajemen Keuangan
|
3
|
52
|
7243652
|
Manajemen Keuangan International
|
3
|
53
|
7243653
|
Manajemen Keuangan Lanjutan
|
3
|
|
|
Konsentrasi Manajemen Pemasaram
|
|
54
|
7243654
|
Seminar Manajemen Pemasaran
|
3
|
55
|
7243655
|
Manajemen Pemasaran Lanjutan
|
3
|
56
|
7243656
|
Manajemen Pemasaran Internasional
|
3
|
|
|
|
TOTAL MKK
|
9
|
|
|
|
MATA KULIAH PILIHAN 6 SKS
|
|
MKP
|
|
|
Pilihan Konsentrasi MSDM
|
|
57
|
7253657
|
Budaya Organisasi
|
3
|
58
|
7253658
|
Manajemen Perubahan
|
3
|
59
|
7253659
|
Manajemen Pelayanan Prima
|
3
|
60
|
7253660
|
Manajemen Pengetahuan
|
3
|
61
|
7253661
|
Manajemen Kinerja
|
3
|
|
|
Pilihan Konsentrasi Manajemen Keuangan 6 SKS
|
|
62
|
7253662
|
Manajemen Investasi & Portofolio
|
3
|
63
|
7253663
|
Riset Keuangan
|
3
|
64
|
7253664
|
Analisis Laporan Keuangan
|
3
|
65
|
7253665
|
Keuangan Digital
|
3
|
66
|
7253666
|
Manajemen Derivatif
|
3
|
|
|
Pilihan Konsentrasi Manajemen Pemasaran 6 SKS
|
|
67
|
7253667
|
Pemasaran Digital
|
3
|
68
|
7253668
|
Pemasaran Ritel
|
3
|
68
|
7253669
|
Perilaku Konsumen
|
3
|
70
|
7253670
|
Riset Pemasaran
|
3
|
71
|
7253671
|
Pemasaran Jasa
|
3
|
|
|
TOTAL MK PILIHAN
|
6
|
|
|
|
TOTAL SKS
|
145
|
Selengkapnya dapat dilihat di https://manajemen.unima.ac.id
|
Biaya Pendidikan
Biaya Pendidikan yang berlaku di seluruh Perguruan Tinggi Negeri disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pembayaran UKT ditanggung oleh mahasiswa per semester berdasarkan kategori yang ditentukan pada saat awal menjadi mahasiswa.
UKT merupakan sistem pembayaran yang ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua / wali.
Nilai UKT dipertimbangkan dari pendapatan dan pengeluaran orang tua setiap bulannya. Pendapatan dan jumlah kekayaan seperti
gaji & tunjangan, luas tanah, jumlah rumah, jumlah mobil, jumlah motor, hingga pengeluaran seperti biaya hidup, biaya pendidikan anak dan sebagainya menjadi bahan pertimbangan seseorang mendapatkan UKT tertentu.
No |
Nama Kategori |
Jumlah UKT |
1 |
Kelompok 1 |
Rp. 500.000,00 |
2 |
Kelompok 2 |
Rp. 1.000.000,00 |
3 |
Kelompok 3 |
Rp. 2.000.000,00 |
4 |
Kelompok 4 |
Rp. 2.500.000,00 |
5 |
Kelompok 5 |
Rp. 3.500.000,00 |
6 |
Kelompok 6 |
Rp. 5.000.000,00 |